Penyerahan hadiah lomba MTQ (Musabaqoh Tafsir Qur’an) surah Yasin Selasa, 08 Agustus 2017

SEMPAT KECEWA, NAMUN MAMPU RAIH JUARA
SMAU NEWS- Salah satu santri SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong raih terbaik kedua dalam lomba MTQ (Musabaqah Tafsir Qur’an) yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Probolinggo, Selasa, (08/08/2017). Pukul 10.00 WIB di ruang perpustakaan daerah setempat.
Lomba tingkat SLTA ini diikuti oleh sekolah-sekolah dan madrasah se-kabupaten Probolinggo, termasuk delegasi dari lembaga pendidikan di bawah naungan Pesantren Zainul Hasan Genggong, yakni SMA Unggulan HAf-Sa.
Delegasi  dari pesantren asuhan KH. Moh. Mutawakkil Alallah ini tidak menyianyiakan kesempatan ini, mereka mampu membawa pulang tropy terbaik kedua atas nama Nov. Rizal Happy Muslim dalam ajang adu ketangkasan dalam menafsirkan al-qur’an surat Yasin. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa mengharumkan nama pesantren dan sekolah,” aku, Rizal dengan wajah sumringah.
Walau demikian, dia sempat kecewa karena jadwal yang disampaikan dari pihak panitia tidak sesuai dengan surat edaran. Namun persiapan yang cukup matang membuatnya tetap percaya diri untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten Probolinggo ini.
Sebenarnya delegasi dari SMA Unggulan Haf-Sa tidak hanya Rizal, -sapaan sehari-hari Nov. Rizal Nor Happy Muslim- Tapi juga ada santri SMA Unggulan lain atas nama Nuris Shobah dan Moh. Abdul Kholid M. yang juga ikut dalam lomba ini. “Nuris Shobah harapan satu,” terang rizal.
Menurutnya, peran Ust. Moh. Inzah, M.Pd.I dalam membimbing para peserta lomba cukup maksimal. Beliau dengan pengalaman tahfidznya mampu mengantarkan siswa SMA Unggulan meraih juara ini. “Persiapannya selama empat hari, dengan beberapa tahapan bimbingan dan tes dari ustadz Inzah,” jelas Rizal.
Ustadz Inzah saat di temui di ruangannya mengaku lomba tafsir ini sebenarnya sangat berat karena dimensi keilmuannya sangat luas. Menurutnya peserta harus menguasai kosakata arab, asbabun nuzul, terjemah ayat, hafal ayat dan lain-lain. “Ini prestasi yang sangat luar biasa, semoga ini menjadi langkah awal untuk prestasi-prestasi selanjutnya,” tandasnya.. (Mfd)