Semir : OSIS putra dan putri SMA Unggulan kompak semir sepatu guru

GENGGONG- Beragam cara bisa dilakukan siswa dalam mengekspresikan dan memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap 25 November. Mulai dari upacara bendera, memberikan hadiah pada guru berprestasi, hingga melayani guru.

Seperti dilakukan pengurus OSIS SMA Unggulan (SMAU) Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Kamis (23/11/2017), mereka kompak mengadakan kegiatan menyemir sepatu dewan asatidz dan asatidzah SMAU Haf-sa. Total, ada 27 sepatu yang mereka semir dalam waktu setengah jam.

Kegiatan itu dilakukan pada jam istirahat sekolah, sekitar pukul 09.30 WIB. Pengurus OSIS mengumpulkan sepatu para guru di depan halaman sekolah. Berbekal dua kotak semir sepatu ukuran besar dan memanfaatkan sikat gigi bekas, mereka tampak serius menyemir sepatu gurunya.

Ketua OSIS SMAU Khoirul Anam mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak para siswa-siswi lebih tunduk dan patuh pada guru. Sebab, mereka telah rela dan ikhlas membimbing para siswa hingga lebih baik dari sebelumnya. “Tanpa guru sulit rasanya kita berilmu. Nyemir ini salah satu bentuk ketakdziman kami pada guru,” ujar remaja yang akrab disapa Irul itu.

Irul menambahkan, aksi semir sepatu guru ini merupakan kegiatan yang diyakini mulia. Meski terlihat remeh dan tergolong sederhana, namun anggotanya tampak bersemangat dan ikhlas malaksanakannya. “Semoga kami semua mendapatkan barokah guru-guru,” harapnya.

Pembina OSIS SMAU Abdul Mufid el-Badru mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan OSIS SMAU. Menurutnya, sudah seharusnya seorang pelajar yang santri selalu meningkatkan kualitas akhlaknya. “Seharunya ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi ketaatan dan keihklasannya juga harus dicerminkan dalam keseharian,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala SMAU M. Inzah mengaku terkejut dengan aksi semir sepatu guru yang dilakukan pengurus OSIS-nya. Menurutnya, kegiatan ini mungkin kejutan dari OSIS bagi dewan guru. Sebab, OSIS sengaja tidak menginformasikan kepada pihaknya tentang kegiatan ini. “Serasa mendapat kado terindah menjelang hari guru ini,” ujarnya bangga. (*)